Pintu Lipat / partisi geser / partisi kedap suara

Pintu lipat / partisi geser / partisi kedap suara adalah beberapa contoh jenis penyekat ruangan.  Sekarang partisi jenis ini menjadi pilihan bagi para arsitektur dalam mengembangkan serta memaksimalkan fungsi ruangan. Keterbatasan lahan mengakibatkan harga tidak lagi seimbang dengan kebutuhan. Belum lagi harga bahan – bahan bangunan yang setiap tahunnya mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Pelaku – pelaku usaha di bidang teknik sipil terus berupaya berinovasi guna memenuhi kebutuhan akan ruang, akan tetapi minim budget.

Bukaan pintu lipat SMK Teratai Putih Bekasi

Fungsi Pintu Lipat

Pintu lipat yang di desain dengan baik serta sesuai dengan kebutuhan akan tampil elegan di ruangan yang tertata rapih. Apa yang dapat Anda lakukan pada sebuah ruang dengan ukuran mungil untuk sebuah kantor, dengan seabreg peralatan?. Pengunaan partisi ini dapat menjadi alternatif yang ramah lingkungan. Berbagai kebutuhan akan ruang dapat terakomodir, walaupun ukurannya kecil, tapi dapat menampung banyak aktivitas. Tampilannya menawan dengan aksen – aksen yang sesuai dengan ruangan sekitar.

Jenis partisi ini, kami sebut dengan partisi type SAMOWA. Satu panel dengan panel lain akan dihubungkan dengan engsel yang tertata rapih. Hal ini dengan tujuan untuk mempermudah dalam pengoperasiannya.

Spesifikasi pintu lipat SAMOWA :

1. Hollow Frame 4 X 4 cm
2. Panel menggunakan Multiplek / MDF atau Particle Board 9 mm
3. Glasswool 30 db
4. Meranti wood inside
5. Lis aluminium
6. Menggunakan rel atas dan bawah

Finishing Pintu Lipat

Sebagai finishing pintu lipat, Anda bisa memilih sesuai dengan selera. HPL, wallpapper atau kain cosglow merupakan material yang sering menjadi pilihan. Pemilihan pintu lipat ini merupakan pilihan sederhana dengan manfaat sempurna.

Macam – macam Pintu Lipat

Bukaan pintu lipat ada beberapa macam, antara lain : lipat tengah, lipat pinggir, lipat luar dan lipat dalam.

  • Lipat Tengah.

Pintu lipat dengan bukaan tengah disebut pintu lipat tengah. Hal ini bertujuan dalam proses penutupannya seluruh panel pintu berada di tengah – tengah lipatan atau rel.

  • Lipat Pinggir

Adalah bukaan yang central panelnya berada di pinggir panel partisi. Bukaan lipat pinggir ada dua cara yaitu: lipat pingir luar dan lipat pinggir dalam.

  1.  Lipat Pinggir Luar

Lipat pinggir luar bilamana lipatannya keluar dari bangunan.

2. Lipat Pinggir Dalam

Disebut lipat pinggir dalam karena bukaannya kedalam ruangan.

Partisi geser merupakan jenis dari partisi  yang dalam pengoperasiannya dengan cara di geser. Yang membedakan adalah adanya pemasangan jack mecanical sistem pada setiap panel sebagai pengunci. Hal ini dimaksudkan agar setiap panel tidak ada lagi celah untuk merambatnya cahaya atau suara dari dalam atau luar ruangan. Dengan sistem itulah maka partisi geser ini yang paling cocok digunakan sebagai pembatas antar ruang yang memiliki tingkat privasi yang tinggi, seperti ruang meeting, convention hall, ruang kelas, ballroom dan lain sebagainya. Sehingga sering disebut partisi kedap suara atau soundproof, karena dilengkapi pula dengan material peredam suara. Jenis partisi ini kami sebut partisi SOREPA

Pintu lipat atau partisi lipat geser didesain dengan ketebalan panel dari 650 sampai 760 mm diharapkan mampu meredam suara secara maksimal, karena material peredamnya pun akan lebih banyak. Selain mampu meredam suara, partisi geser ini juga dapat ditempatkan di tempat yang tersembunyi, sehingga tidak akan memakai space di ruangan tersebut. Hal ini dimungkinkan dengan pengunaan rel aluminium.

Spesifikasi partisi SOREPA adalah :
1. Hollow Frame 5 X 5 cm
2. Multiplek / MDF atau Particle Board 12 mm sebagi penutup panel
3. Papper Reduce Sound
4. Rockwool 60 db
5. Mecanik Device
6. Rubber
7. Profil Aluminium

Mungkin Anda juga menyukai