Pintu Lipat Aluminium

Pintu lipat aluminium merupakan bukaan pintu yang praktis dan dapat Anda aplikasikan dalam berbagai ruangan. Sekarang ini rumah hunian juga banyak yang menggunakan pintu lipat aluminium sebagai bukaan guna mempercantik tampilan ruangan. Bahan aluminium dipilih karena tidak mudah keropos, mudah dan praktis dalam pemasangan.

Tampilan Pintu Lipat Aluminium

Tampilan minimalis membuat ruang semakin asri ditambah desain yang menghadap langsung ke taman.

Coba bayangkan Anda berada dalam ruang yang tidak mempunyai bukaan sama sekali….. tentu rasa sesak akan menyergap. Beberapa ruang mungkin malah memerlukan kondisi semacam itu, misalnya ruang karaoke, studio bermusik, karena alasan  tertentu. Namun untuk rumah tinggal, bukaan adalah hal terpenting. Bisa dikatakan bukaan  merupakan pengolahan bidang ruang memberikan manfaat paling besar.

Bukaan Pintu Lipat Aluminium

Membuat bukaan – dalam hal ini pintu lipat aluminium – selayaknya tidak dilakukan secara asal. Banyak hal yang perlu diperhatikan, salah atunya pemandangan yang dituju. Jangan sampai peletakannya malah membuat fungsi bukaan tidak maksimal.

Untuk ruang restoran atau keluarga, misalnya. Jika letaknya bersinggungan langsung dengan taman, sedapat mungkin buatlah bukaan yang lebar sehingga menghadirkan suasana ruang yang cair.

 

Tampilan bukaan pintu lipat aluminium yang berhadapan langsung dengan taman.

Namun selain mempunyai keunggulan, bahan aluminium juga mempunyai beberapa kelemahan, antara  lain :

  • Variasi bentuk yang terbatas, karena merupakan standart pabrik, hanya terbatas pada bentuk minimalis dan klasik Eropa.
  • Pemasangan dengan menggunakan sistem fischer. Teknik ini mengandalkan kekuatan sekrup fischer yang diborkan dan ditanam bersama kusen merapat ke tembok sekeliling kusen pintu yang sudah diplester rapi dan sangat akurat.
    Untuk teknik pemasangan ini, apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya maka dapat berakibat fatal.
  • Cara pemasangan kusen aluminium mengandalkan kekuatan sekrup yang dipasangkan melekat pada dinding. Dan harus dipasang dengan presisi dan diplester rapi agar tidak terjadi kebocoran dan kesalahan lainnya.
    Jangan memilih kusen aluminium yang bermutu rendah, karena dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu drastis sehingga kaca yang dibingkai dapat mudah lepas.
  • Sambungan yang kurang baik pada siku atau kaca dapat menyebabkan air hujan dapat masuk. Karena itu faktor penyambungan dan “sealant” atau karet penyekat antara kaca dan alumunium harus dari bahan berkualitas dan tahan lama.Ini bertujuan agar air tidak mudah masuk ke dalam kusen atau ke ruangan. Pada dasarnya masalah sealant ini tidak menimbulkan masalah pada kusen aluminiumnya karena bahan alumunium tidak terpengaruh air.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai