INSPIRASI PENATAAN PARTISI SEBAGAI INTERIOR RUANGAN

Inspirasi penataan partisi sebagai interior ruangan banyak sekali yang dapat Anda aplikasikan pada berbagai ruangan. Interior atau ruang dalam adalah area yang berhubungan langsung dengan aktivitas manusia dalam rumah tinggal atau kantor. Oleh karena itu, dalam perencanaannya selalu ada saja masalah yang mengganjal, mulai dari ide yang terbentur ukuran lahan, harga terlalu mahal, hingga hasil yang tak sesuai harapan. Hal ini sering kali terjadi terutama untuk kantor atau rumah – rumah yang berdiri di lahan yang minim.

Berikut beberapa inspirasi desain penataan partisi sebagai interior untuk berbagai area yang umum ditemui:

  • PARTISI SEBAGAI INTERIOR RUANG MEETING

Berdasarkan pengunaannya, ruang meeting dan ruang kerja memiliki kemiripan, hanya peruntukannya saja yang sangat berbeda. Jika penggunaan ruang meeting ditujukan untuk non -penghuni atau penghuni hanya dalam acara – acara tertentu, penggunaan ruang kerja terbatas kepada penghuni atau karyawan saja.

Ada dua tipe ruang yang dapat ditonjolkan berdasarkan penggunaan tersebut. Pertama ruang meeting dibuat terpisah dengan ruang kerja dengan batas pemisah partisi geser. Pengaplikasian partisi geser merupakan inspirasi partisi sebagai interior.    Tipe ini digunakan bila kantor (penghuni) banyak mengadakan meeting dengan pihak luar, dan memiliki karakter yang cenderung tertutup.

Tipe kedua adalah menggabungkan fungsi kedua ruangan tersebut dengan pertimbangan bahwa sangat jarang mengadakan rapat atau meeting dengan pihak luar.

  • RUANG KERJA

Di setiap kantor, ruang kerja selalu mendapat perhatian lebih karena merupakan “tempat tinggal” kedua setelah rumah. Pada dasarnya ruang kerja berfungsi untuk melakukan aktivitas. Masalahnya ruang kerja diisi oleh banyak orang yang berbeda – beda karkater dan kebutuhannya masing – masing. Salah satu cara yang bisa dilakukan mengakalinya adalah dengan mencari kebutuhan, dan warna dinding dan furnitur yang netral.

Untuk mengatasi masalah lahan yang terbatas, lakukanlah improvisasi dalam desain penataan ruangan. Partisi sebagai interior merupakan solusi keterbatasan lahan. Peralatan kantor seperti lemari serbaguna, meja nakas menjadi meja kerja dan lain sebagainya juga inspirasi penataan ruangan yang patut Anda coba.

  • REST AREA

Area servis yang satu ini memilki tingkat kepentingan yang tinggi guna mendukung aktivitas di ruang kerja. Perlu ditekankan bahwa toliet di kantor mencerminkan karakter penghuni. Toilet atau kamar mandi kantor yang bersih dan tertata rapi menunjukan bahwa penghuninya sangat menjunjung tinggi kebersihan dan kerapihan.

Sebelum mulai mendesain tentukan berapa banyak kamar mandi yang diperlukan dalam kantor. Hal ini berkaitan dengan jumlah karyawan atau penghuni. Umumnya pengelola gedung, memisahkan antara toilet perempuan dan laki – laki.

  • PILIH PENYEKAT RUANGAN YANG SESUAI

Penghalang antarruang tak selalu dinding. Ada banyak pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk membatasi ruang meeting dan ruang kerja lainnya yang bersifat lebih bersifat lebih privat. Partisi ruangan geser banyak digunakan mengatasi masalah ini. Berikut beberapa material yang umum digunakan sebagai partisi penyekat ruangan :

  1. Gipsum. Tidak seperti dinding bata, gipsum tak memakan tempat terlalu banyak, hanya diperlukan lebar sebesar 5 – 10 cm untuk sebidang dinding gipsum. Kemampuannya dalam meredam bunyi pun cukup baik.
  2. Kaca. Material ini jauh lebih tipis daripada material lainnya, dan bisa dibuat transparan hingga transluscent ( hanya tembus cahaya, objek dibaliknya terlihat sebagai bayangan ).
  3. Kayu. Ada banyak partisi kayu yang di jual di beberapa pabrik atau produsen penyekat ruangan, misalnya pusat partisi movable.

Kami yang juga pengelola http://partisiruangan1.com spesialis pembuatan partisi ruangan yang dapat Anda aplikasikan untuk menyekat ruang kerja dan ruang meeting dengan sistem sliding, folding atau soundproof partition. Kami menerima pemesanan serta pemasangan partisi penyekat ruangan movable di seluruh wilayah Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai