Partisi pembagi ruangan memberi solusi pembagian ruang yang praktis. Partisi pembagi ruangan ruang meeting, ruang kelas, ruang serbaguna dan lain sebagainya. Partisi pembagi ruangan  ada beberapa macam. Dari yang sederhana sampai yang modern. Partisi  ruangan sederhana misalnya korden. Partisi ini hanya untuk membatasi anatar ruang. Yang lebih modern partisi penyekat ruangan dalam bentuk panel -panel.

Partisi penyekat ruangan berdasarkan sifatnya dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu partisi permanen, partisi portable dan partisi movable.

Partisi Pembagi Ruangan Permanen

Partisi pembagi ruangan permanen yaitu cara membagi ruang yang dibatasi oleh dinding permanen. Contohnya : tembok, partisi gipsum, dan lain sebagainya.

partisi pembagi ruangan gipsum

Partisi semcam ini memang dibuat hanya untuk membatasi ruang. Kalau akan merubah, tentu harus membongkarnya terlebih dahulu. Dan tidak bisa diaplikasikan lagi.

partisi pembagi ruangan permanen

Partisi Pembagi Ruangan Portable

Partisi pembagi ruangan portable adalah cara pembagian ruang dengan memberi pembatas yang dapat dipindah atau di geser sewaktu – waktu. Misalnya : lemari rak, buffet atau bentuk yang lain.

partisi pembagi ruangan poratble

Selain sebagai pembatas terkadang jenis partisi ini, juga dipergunakan untuk menyimpan hiasan, buku atau barang lain. Hal ini bertujuan untuk mempercantik ruangan.

partisi pembagi ruangan poratble

Material yang sering digunakan untuk membuat partisi potable juga sangat beragam. Kayu, rotan, multiplek adalah beberapa contohnya. Akan tetapi tidak sebatas itu, karena tergantung dari pengrajin dan keinginan pasar tentu saja.

Partisi Pembagi Ruangan Movable

Partisi pembagi ruangan movable adalah jenis pembagi ruangan yang dapat digerakan dengan cara di geser atau dilipat. Contoh partisi movable adalah pintu lipat atau partisi geser. Partisi jenis ini sering diaplikasikan di ruang meeting, ruang kelas, ballroom, ruang serbaguna dan lain sebagainya. Selain untuk membagi ruang dengan cara instan partisi ini juga dapat dilengkapi dengan material peredam suara.

partisi pembagi ruangan movable1Partisi semacam ini terdiri dari beberapa panel yang dipasang menjuntai dari plafon sampai ke lantai. Banyak keunggulan yang diperoleh dengan mengaplikasikan partisi ini. Selain berfungsi sebagai pembatas, tidak banyak memerlukan space dalam penyimpanan, pengoperasian yang mudah, tahan lama merupakan pertimbangan utamanya.

partisi pembagi ruangan ruang meeting

Ruangan multiguna akan didapat bila menggunakan partisi movable. Desain finishing partisinya juga dapat disesuaikan dengan ruangan sekitar. Sehingga tercipta ruangan yang serasi.