Partisi Lipat Geser Solusi Minimnya Lahan

Partisi lipat geser adalah partisi yang efektif dalam menanggulangi  minimnya lahan atau ruangan dalam suatu gedung. Cara atau trik memaksimalkan ruangan ada berbagai macam. Pemakaian partisi adalah salah satunya. Dari yang sistem permanen sampai yang gerak.

Mengapa harus partisi lipat geser?

Pertanyaan di atas seringkali terbersit dalam benak kita, dan sekaligus merupakan jawaban dari semua orang yang diminta saran bagaimana memaksimalkan fungsi ruang yang terbatas.

partisi lipat geser

Mahalnya harga tanah memaksa sebagian masyarakat menempati hunian atau ruangan berukuran mungil. Terkadang, karena terlalu mungil, aktifitas di dalam ruangan pun menjadi terbatas dan terasa sesak. Kasus seperti ini banyak ditemukan pada kantor yang disediakan pengembang, yang setiap ruangnya dirancang seperlunya tanpa memerhatikan aspek personal. Padahal, sebuah kantor sebaiknya dibangun berdasarkan kebutuhan dan aktivitas pengguna. Bila semua diperhitungkan dengan cermat, tak peduli seberapa mungil ruang yang dimiliki, pasti tetap bisa digunakan dengan nyaman. Bukan  berarti segala fungsi dan fasilitas dalam ruangan turut menjadi serba minim.

Penggunaan partisi lipat geser banyak di gunakan sebagai penyekat karena tidak terlalu banyak memerlukan tempat dan lebih fleksibel. Sehingga kebutuhan ruang akan terpenuhi dengan cepat dengan hanya membuka partisinya saja.

partisi lipat geser

Hal yang perlu dilakukan hanyalah memahami dengan benar hal – hal yang menjadi prioritas ( kebutuhan yang harus di utamakan ) dan hal – hal yang bisa ” disembunyikan ” di balik skala prioritas tersebut.

Aspek Pembangunan Gedung

Aspek pembangunan suatu gedung, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dijadikan skala prioritas. Zoning,persentase lahan terbuka, kondisi lingkungan sekitar, kemungkinan adanya pengembangan bangunan, jalur cahaya, sirkulasi udara dan sirkulasi manusia.

Zoning

Dalam menentukan prioritas, hal termudah yang dapat dilakukan adalah membuat zoning, yaitu membagi lahan ke dalam empat area utama, yaitu area publik, area semipublik, area privat dan area servis.

  • Area publik

Area publik mencakup area – area yang masih dimasuki oleh orang lain selain karyawan, misalnya area parkir, halaman depan dan ruang tamu.

  • Area semipublik

Area semipublik mencakup area – area yang masih memungkinkan dimasuki oleh orang lain yang cukup akrab dengan karyawan atau penghuni kantor, seperti mitra kerja.

  • Area privat

Area privat mencakup area – area yang bersifat pribadi, atau hanya dapat diakses oleh penghuni. Orang lain boleh memasuki ruangan tersebut dengan izin khusus dari penghuni. Ruang kerja, ruang meeting adalah salah satu contoh ruangan privat yang bersifat pribadi.
peredam3

  • Area servis

Area servis merupakan ruang tempat penghuni melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kebutuhan sehari – hari. Kamar kecil merupakan area servis, dimana semua orang jika diperlukan dapat menggunkan fasilitas ini ketika di dalam kantor, walaupun kadang ada yang membagi lagi menjadi dua area, publik dan privat.

Setelah mengetahui pembagian area, menggunakan pembatas apa yang digunakan? Dengan lahan yang minimalis tadi kurang bijak kiranya bila semua pembatasnya menggunakan pembatas masif. Karena nanti suatu saat ada acara yang memerlukan ruangan yang  luas, kita dibebani dengan harus menyewa tempat.

Dengan menggunakan partisi lipat geser, masalah ruangan tadi teratasi.Mudahnya pemasangan dan pengoperasian partisi gerak menjadi pertimbangan digunakannya partisi jenis ini, selain tampilan yang bisa disesuaikan dengan keinginan, tingkat keamanan serta kenyamanan, privasi penghuni juga terjaga dengan menggunakan pertisi berperadam.
partisi uisi gresik

pusri2

 

Kami sebagai produsen partisi gerak baik folding maupun sliding, memberikan kemudahan serta pelayanan prima terhadap seluruh pelanggan.Dengan berbagai pengalaman kami di bidang partisi gerak, menjadikan kami lebih maju serta terus berusaha berinovasi yang lebih baik.

Untuk informasi yang lebih banyak tentang partisi silahkan hubungi kami di 081320-069404 atau wa 089619892003 email latiefpireki@gmail.com.

Mungkin Anda juga menyukai