Mengenal Partisi Ruangan

Mengenal partisi ruangan geser, mengenal partisi ruangan lipat akan langsung bersinggungan dengan bentuk, fitur, desain, material yang digunakan untuk membuat partisi. Dan, pertanyaan itu yang pertama kali ditanyakan oleh konsumen yang akan memasang partisi ruangan. Bagi mereka yang berkecimpung di dunia desain interior, partisi ruangan mungkin sudah sangat familiar. Karena hampir diseluruh desain baik itu rumah, kantor atau gedung – gedung serbaguna, dapat dipastikan ada partisi ruangannya.

mengenal partisi ruangan

Model partisi ruangan sebagai pembatas antar ruang

Partisi merupakan salah satu elemen yang dapat membagi ruang ke dalam beberapa bagian. Partisi dapat disesuaikan dengan bangunan yang telah ada. Baik dari warna, ukuran serta fungsi yang dibutuhkan dalam menyekat ruangan.

mengenal partisi ruangan permanen dari gypsum

Partisi ruangan banyak digunakan terutama di rumah atau gedung yang mempunyai ruangan cukup luas. Untuk membagi ruangan tersebut dipakailah partisi ruangan. Dilihat dari sifatnya, partisi dapat dibagi mejadi 2, yaitu partisi permanen dan partisi non permanen atau movable.

Mengenal Partisi Ruangan Permanen

Partisi ruangan permanen adalah partisi yang membatasi antar ruang yang bersifat statis. Sehingga tidak bisa dipindah. Partisi permanen biasanya terbuat dari bahan batu bata, bilik, gypsum, GRC, MDF yang dikombinasikan dengan material lain agar tetap berdiri kokoh.

mengenal partisi permanen

Karena bersifat permanen, jens partisi ini terbatas hanya membagi ruang – ruang kaku. Suatu saat dengan meningkatnya aktifitas dalam ruangan dan membutuhkan ruangan lain, partisi permanen akan menjadi kendala.

Mengenal Partisi Ruangan Non Permanen

Partisi ruangan non permanen artinya suatu pemabatas ruang yang dapat dipindah – pindah. Hal ini bertujuan selain untuk menambah jumlah ruang.  Biasanya partisi ini digunakan untuk memisahkan area publik dengan area privasi di suatu gedung.

mengenal partisi ruangan geser

Partisi ruangan movable merupakan dinding pembatas. Partisi ini juga dapat digunakan untuk mempercantik ruangan selain sebagai pelengkap fasilitas gedung.

Partisi ruangan non permanen yang banyak digunakan terdiri dari 3 tipe. Jenis tersebut adalah type akordian, yaitu partisi yang terpasang menjuntai dari langit – langit sampai ke lantai. Misalnya gorden atau tirai. Type folding panel, adalah partisi ruangan yang terdiri dari beberapa panel yang dapat digeser atau dilipat. Type portable adalah partisi yang dapat dipindah – pindahkan, dengan bantuan roda atau tanpa roda.

Fungsi Partisi Ruangan Non Permanen

Di perkantoran atau sekolah misalnya, partisi ruangan folding panel kerap digunakan untuk menciptkan ruang – ruang yang lebih kecil. Bila suatu saat akan mengadakan acara yang melibatkan banyak orang,  pihak gedung dapat dengan mudah dan cepat menyiapkan tempatnya. Hanya dengan menggeser atau melipat partisi ruangan tersebut, ruangan seperti aula sudah dapat dipergunakan.

partisi ruangan geser

Dewasa ini partisi ruangan sudah dilengkapi dengan material peredam suara. Dengan tampilan finishing yang beragam dari HPL / kain / wallpapper, partisi ruangan terlihat lebih elegan.

Mungkin Anda juga menyukai