Material Partisi Ruangan, Partisi Ruangan Lipat

Material partisi ruangan begitu banyak ; mulai dari yang alami hingga yang telah melalui proses pabrikasi. Material partisi ruangan atau panel partisi memiliki kekuatan dan kelemahan. Yang akan kita bahas disini lebih spesifik material partisi ruangan geser atau lipat. Harga yang ditawarkan beragam,sesuai budget yang dikeluarkan. Cermati betul material mana yang paling sesuai sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Bukan hanya untuk keindahan penampilan dan karakteristik, namun agar tidak membebani kantong  Anda.

Material dinding  partisi ruangan antara lain :

Gipsum

Gipsum merupakan bahan kontruksi yang umumnya dipakai sebagai material partisi ruangan atau penyekat permanen. Ingatlah bahwa bahan ini tidak dapat dipakai sebagai bahan kontruksi dinding struktural, malainkan hanya sebagai bahan dinding interior.

Material partisi ruangan permanen berbahan gypsum

Seperti dinding dari batu bata atau material lain, gipsum dapat diberi lapisan finishing. Ketika sudah dipercantik dengan cat atau wallpapper, tampilannya tidak berbeda dari tampilan dinding batu bata, batako maupun beton ringan. Yang membedakan hanyalah ketebalan dindingnya.

Papan gipsum terbuat dari campuran bahan berbahan dasar kertas. Karena itu, ia bersifat tidak tahan air. Sangat dianjurkan menghindari penggunaan gipsum untuk dinding kamar mandi, dapur atau ruang – ruang yang berhubungan langsung dengan air.

Selain punya kelemahan, material ini juga punya kelebihan, yaitu bisa meredam suara sehingga cocok digunakan pada ruang – ruang yang  memerlukan sistem akustik yang baik. Amat sesuai untuk ruang studio musik atau home theater.

Dinding gipsum umumnya dipakai pada gedung – gedung perkantoran untuk menciptakan sekat – sekat antar ruang yang bersifat permanen.

Kaca

Material kaca dipadu dengan kayu sebagai frame partisi lipat

Kaca, merupakan material dinding partisi ruangan paling favorit . Sifat yang tembus cahaya merupakan salah satu keunggulan dan alasan kuat memilihnya sebagai material dinding partisi ruangan. Dilihat dari kemampuan menghantarkan cahaya, terdapat tiga jenis bahan yang sering digunakan : kaca bening tembus pandang, kaca buram dan cermin yang dapat memantulkan objek. Ketiganya memberi efek luas dan lapang pada ruang.

Karena kaca merupakan benda yang ringkih dan rapuh, pemilihannya sebagai dinding harus diperhatikan dengan seksama. Jika salah memilih dan memasang, bisa – bisa malah mencelakai pengguna. Sebagai contoh, dinding kaca tanpa bingkai bertinggi lebih dari 2 meter harus dibuat dari kaca tempered atau kaca laminasi dengan ketebalan 8 – 12 mm.

Sebagai bahan partisi ruangan kaca dipadukan dengan bahan kayu atau aluminium sebagai frame luarnya. Aplikasi partisi ruangan dengan material kaca sebagi penyekat antara ruang tengah dengan taman samping atau belakang, ruang makan dengan kolam renang dan lain sebagainya.

Tripleks dan multipleks

Merupakan papan berserat kayu yang terdiri ats tiga lapis ( tripleks ) atau lebih dari tiga lapis ( multipleks ). Selain sebagai bahan baku pembuat furnitur, tripleks dan multipleks umum digunakan sebagai bahan dinding. Yang perlu diingat, bahan ini hanya bisa dimanfaatkan untuk dinding  yang tidak menahan beban.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, multipleks sangat direkomendasikan sebagai bahan partisi ruangan, apalagi daerah yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi, seperti didaerah pegunungan. Bila dibandingkan dengan material Mdf, multipleks lebih tahan terhadap cuaca dingin.

Material Partisi Ruangan

Sama halnya dengan dinding pada umumnya, material partisi ruangan atau penyekat ruangan juga mempunyai fungsi yang sama seperti dinding. Akan tetapi bahan yang dipergunakan terbatas, tidak seperti dinding masif. Bahan – bahan dinding partisi ruangan antara lain: kayu, multipleks, kaca, dan MDF.

Material Partisi Ruangan dari Kayu

Kayu sebagai material partisi ruangan yang alami

Bahan alami yang satu ini memang berpotensi digunkan sebagai material partisi ruangan. Selain mudah dibentuk kayu juga mempunyai keunggulan tahan lama, dengan catatan  tidak  terkena cahaya matahari lansung dan hujan.

Partisi ruangan berbahan kayu, bisa diaplikasikan dengan kayu utuh atau dikombinasikan dengan material kaca. Untuk finishing, bahan kayu ekspos bisa dipercantik dengan plitur, melamik, hingga cat duko. Atau, coba dibungkus dengan material oscar untuk menampilkan kesan  mewah dan elegan.

 

Material Partisi Ruangan MDF

MDF atau Medium Density Fiberboard adalah kayu olahan dari serpihan – serpihan kayu dengan diameter kecil yang diolah sedemikian rupa membentuk lembaran. Karena terbuat dari serpihan yang kecil MDF mempunyai tektsur yang halus. Hal ini sangat cocok bila finishingnya menggunakan wallpapper atau cat. Namun MDF juga kurang baik bila kena cuaca dengan kelembababan yang tinggi.

Material Partisi Ruangan MDF

Berbagai material pembuatan partisi ruangan diatas kami sediakan sesuai selera Anda. Untuk konsultasi dan jasa pengukuran kami siap melayani di nomor  0813 2006 9404, wa 0896 1989 2003 atau kunjungi www.partisiruangan1.com

 

Mungkin Anda juga menyukai