Aspek Ekologis Ruangan

Aspek ekologis ruangan sangat berperan dalam pembentukan serta dinamisnya suatu ruangan. Ekologi merupakan pendekatan keilmuan yang memetakan pola interaksi dan sebab akibat antara makhluk hidup dan lingkungan. Keterkaitan ekologi dalam hunian erat kaitannya dengan konsep keseluruhan rumah atau kantor. Dari penataan lansekap hingga penataan interior bisa dikaitkan dengan lansekap yang ada.

Dalam dekade terakhir, semakin menjamur desain – desain dengan pendekatan kealaman. Desain sebagai solusi masalah dalam hidup menjadi orientasi pemikiran para arsitek akan fungsi  ekologi. Ini pengaplikasian  aspek ekologis ruangan yang baik demi masa depan.

Aspek Ekologis Ruangan dalam Realita Pembangunan

Aspek ekologis ruangan dalam realita pembangunan menjadi tolak ukur. Apa yang menarik dari desain rumah atau kantor dengan pendekatan ekologi  itu? Ada beberapa hal utama yang menjadi pertimbangan :

  1. Semakin Parahnya Krisis Energi

Mau tidak mau, krisis energi membuat kita harus memutar otak. Krisis energi membuat biaya hidup semakin meningkat karena kenaikan bahan bakar minyak, tarif dasar listrik sebagai pemasok energi  ke semua perangkat elektronik termasuk AC dan pencahayaan. Untuk mengatasi masalah diatas tanpa mengurangi kenyamanan dan boros energi bisa melaui proses desain yang baik. Misalnya  dengan menggunakan partisi ruangan lipat kaca yang tembus pandang.

Hal ini dapat mengatasi masalah AC dengan bukaan yang lebar serta pencahayaan sekaligus. Bukaan maksimal partisi ruangan lipat atau partisi ruangan geser membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. pendekatan aspek ekologis ruangan menjadi hal yang penting dalam menjalani segala aktivitas.

  1. Bertambahnya Aktivitas pada Ruangan yang Terbatas.

Ketersediaan lahan untuk rumah tinggal atau perkantoran  di daerah perkotaan semakin sempit sekaligus mahal. Hal ini menimbulkan berbagai macam solusi desain ruangan baru. Pembangunan secara vertikal pun menjadi “ pilihan” dengan menggunakan dinding  partisi ruangan geser atau partisi ruangan lipat dalam ruangannya. Pemanfaatan partisi ruangan geser menjadikan ruangan lebih serbaguna. Akan tetapi aspek ekologis dalam proses pembangunannya pun menjadi prioritas.

Bila dibandingkan dengan penggunaan partisi permanen ( tembok ), pemanfaatan partisi ruangan banyak sekali keuntungannya. Ruangan dapat disesuaikan dalam waktu sebentar hanya dengan membuka semua kunci pada panel pintu partisi.

Aspek Ekologis Ruanga dalam Finishing Partisi Ruangan

Masalah finishing pada partisi ruangan dapat Anda serasikan dengan ruangan yang lain atau sesuai selera penghuni. Suatu desain tak lagi hanya menjadi penghias hidup. Desain sudah selayaknya menjadi bagian dari solusi hidup. Pemilihan finishing diharapkan selalu mempertimbangkan aspek ekologis ruangan yang ramah lingkungan.

Untuk finishing partisi ruangan umumnya menggunakan bahan dari wallpaper, HPL atau kain fabric. Kami dalam memproduksi partisi ruangan dapat menyesuaikan dengan selera Anda. Pemasangan finishing dapat kami kerjakan langsung atau Anda pasang sendiri. Akan tetapi banyak klien kami yang memilih terima beres. Tentu hal ini terlebih dahulu kami konsultasikan dengan pemesan dalam pemilihan finishingnya.

         

Kami melayani pemesanan serta pemasangan partisi ruangan dengan berbagai macam type diseluruh Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai