Aplikasi Partisi Ruangan

Aplikasi partisi ruangan dalam membentuk ruang baru sangat efisien dan praktis. Dinding sangat berperan penting dalam menentukan bentuk dan karakteristik ruang. Dinding disini yang dimaksud adalah dinding partisi. Dinding  partisi / penyekat ruangan sebagai unsur vertikal menentukan batas – batas ruang secara visual. Bentuk – bentuk seperti ini akan mendominasi pandangan dibandingkan bentuk – bentuk horisontal seperti lantai atau plafon. Dengan adanya aplikasi partisi ruangan, terbentuklah volume ruang. Kesan melingkupi yang kuat terhadap benda di dalamnya tercipta.

 

Ruang dapat dibentuk dengan mengaplikasikan partisi ruangan. Secara otomatis, penempatan partisi/penyekat akan menegaskan ada perbedaaan ruang. Ketinggian partisi/ penyekat menentukan kesan melingkupi suatu ruangan. Pada ketinggian sebatas mata  ( 140 – 160cm ), makin terasa pembagian yang jelas antara satu ruang dengan ruang lain. Untuk dinding partisi ruangan dengan ketinggian di atas tinggi manusia ( > 200 cm ), bidangnya akan memutus pandangan visual ke ruang lain dan memberikan perasaan melingkupi yang kuat.

Aplikasi Partisi Ruangan ada Beberapa Macam

Aplikasi  partisi ruangan bisa menggunakan sistem folding ( lipat ) atau sliding    ( geser ), bahkan kedua duanya, atau disebut partisi lipat geser. Sekarang ini banyak sekali dijumpai di beberapa hotel atau perusahaan yang menggunakan partisi lipat atau geser karena lebih praktis dalam memanfaatkan ruang.

        

Sebagai bahan referensi Anda dalam menentukan sistem apa yang akan digunakan. Berikut beberapa proyek yang telah kami kerjakan: Partisi Hotel JW. Marriot Surabaya, Partisi Fave Hotel Bandung, Partisi Hotel Global Banjarmasin, Partisi KEMENKUMHAM Semarang, Partisi Word Bank Jakarta, Partisi BNI 46 Jakarta, Partisi TK Pejaten Jakarta, Partisi Petronas Gresik, Partisi Rohto Bandung, Partisi Hotel Aston Luwuk dan lain – lain.

Secara visual, satu bidang partisi yang diletakkan dalam ruang akan terlihat sebagai bagian dari bidang lain yang lebih besar atau lebih panjang. Kehadirannya dengan jelas memotong atau membagi suatu ruang; misalnya membagi ruang menjadi dua ruang yang terpisah, namun areal dan zoning-nya tetap sama. Penempatan partisi ruangan bisa diletakkan secara melintang ataupun sejajar. Partisi yang diletakkan sejajar akan menciptakan volume yang besar pada area kedua bidang tersebut.

        

Aplikasi Partisi Ruangan Geser pada Ruang Meeting

Aplikasi partisi ruangan seperti diatas biasanya banyak ditemukan dalam pembuatan ruang meeting. Ruang dengan dinding atau partisi tertutup biasanya diterapkan pada ruang – ruang privat yang membutuhkan rasa ruang pribadi dan tertutup. Untuk menonjolkan sisi utama ( partisi ruang ), gunakanlah material atau finishing partisi yang berbeda dengan dinding inti.

Ruang dengan semua sisi tertutup merupakan ruang yang paling umum dijumpai. Karakter ruang yang terjadi menyiratkan ruang yang kuat dan bersifat introvet/ tertutup. Dia tidak terhubung dengan ruang atau area lain disebelahnya secara langsung maupun visual kecuali ada bukaan berupa pintu. Kehadiran bukaan seperti ini bisa memperhalus kesan tertutup, karena itu besar, jumlah dan peletakannya perlu dipikirkan masak – masak. Bukaan juga menentukan orientasi dan aliran ruang, kualitas cahaya, pandangan, serta pola dan gerak di ruang tersebut. Untuk mementukan sisi mana yang merupakan sisi utama, buatlah perbedaan warna dan tekstur pada setiap bidang. Atau dengan menempatkan logo atau lambang perusahaan, Foto kepala negara beserta lambang negara, atau profil perusahaan.

Sebagai unsur vertikal, partisi atau penyekat ruangan diciptakan untuk menentukan batas pandang suatu ruang. Peran partisi ruangan amat besar dalam memberi kendali visualisasi.

Secara fisik, partsi ruangan menjadi elemen yang paling mempengaruhi pencitraan ruang. Beberapa pengolahan partisi ruangan kerap dilakukan, tergantung pada kebutuhan masing – masing ruang.

Mungkin Anda juga menyukai