Elemen Etnik sebagai Aksen Partisi Ruangan

 

 

Aksen partisi ruangan dapat Anda hadirkan dalam elemen etnik, antik dan tradisonal yang memiliki    sentuhan cita rasa seni menjadi daya tarik dari masa ke masa. Detail elemen sepeti ukiran, yang sering kali memiliki tema dan cerita, serta permainan warna yang natural, memberi nilai estetika pada ruangan. Walau arsitektur modern dengan desain yang simpel dan mengedapankan aspek fungsional sedang tren, tapi elemen etnik, antik dan tradisional tetap diminati. Rumah yang berdesain modern dipadukan dengan elemen atau ukiran – ukiran  yang unik terpasang dalam partisi penyekat dijadikan aksen  partisi ruangan.

Komposisi Warna dan Bentuk Aksen Partisi Ruangan

Ruang berdesain modern jadi bernilai dengan sentuhan elemen etnik, antik dan tradisional ataupun klasik. Namun tentu kita harus memperhatikan komposisi warna dan bentuk, sebagai aksen partisi ruangan agar ruangan tampil lebih eksostis.

Jika kita melihat elemen tradisional dan modern, tentu berbeda. Elemen tradisional itu dipandang memiliki cita rasa seni, sedangkan elemen modern lebih mengedapankan aplikasi garis, bidang yang tegas dan cenderung menggambarkan clean dan fungsional.

Desain modern umumnya lebih mengedapankan suatu kesederhanaa dan fungsi sesuai kebutuhan. Namun, jika hanya unsur modern yang diaplikasikan, ruang akan terasa dingin dan kaku. Untuk itu, bila kedua unsur dipadukan akan menghadirkan rancangan interior yang saling mendukung dan melengkapi. Unsur etnik hadir dan menjadi ruang bergaya modern.

Dalam menggabungkan unsur desain modern dan etnik disarankan menggunkan komposisi 60 : 40 dengan elemen etniknya yang 40 %. Hal ini dimaksudkan agar aksen partisi ruangan Anda terkesan proporsional.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Melihat fungsinya, ruang tamu ini akan diisi aktivitas bincang – bincang dengan tamu. Karenanya, ruang ini membutuhkan penataan interior bersuasana formal atau semiformal, tanpa menghilangkan kesan nyaman dan akrab. Penggunaan sekat kayu jati dengan ukiran khas daerah menjadikan aksen partisi ruangan  menambah keanggunan ruang tamu dengan warna natural.

Berbatasan dengan ruang tamu yang disekat dengan pintu lipat kayu jati dipergunakan sebagai ruang keluarga. Dimana ditempat inilah seluruh anggota keluarga banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan santai dan menyenangkan. Sehingga penataan ruangan ini harus mengedapankan suasana nyaman dan homy.

Partisi ruangan sistim pintu lipat kayu jati etnik dengan pengoperasian yang simpel dan praktis menjadikan ruang lebih serbaguna. Bila ada acara – acara tertentu yang memerlukan ruangan yang luas, pintu lipat tersebut dibuka, sehingga ruangan menjadi satu dalam sekejap.

Mungkin Anda juga menyukai